Review JLB GO by Harman Portable Speaker: When compact body meets good quality sound!

December 13, 2016


Siapa yang meragukan Harman audio? Perusahaan audio terkemuka yang terkenal dengan speaker sekaliber Harman Kardon. Nah kali ini gua mau review portable/bluetooth speaker JBL GO,  dengan ukuran yang compact hanya se-genggaman tangan dan tersedia dengan warna-warna yang eye catchy dan dijual seharga $39.95 untuk harga normalnya. Well, bagaimana kualitas dan value dari JBL GO ini?



Di akhir tahun ini lagi banyak diskon nih. Punya gua sendiri gua dapet di Lazada hanya seharga Rp.289.000 saja. Oh iya, karena merk ternama tentu aja ada OEM yang bikin versi kw atau kloningan si JBL GO ini, jadi kalau lu beli versi Indonesia pastikan dapet produk asli garansi IMS.

Unboxing:
Dalam paket penjualannya, lu bakal menjumpai paket berisi: 1 unit speaker beserta kabel charger dan buku panduan serta kartu garansi. Oh iya meski ada port kabel AUX, dalam paket ini nggak ada kabelnya, jadi harus beli terpisah.






Impresi pertama ketika memegang JBL GO ini adalah, it feels premium and compact! Bagian depan terbuat dari bahan metal dan terdapat logo JBL serta lampu notifikasi yang hanya akan kelihatan kalau speaker dinyalakan. Bagian body samping, atas, bawah, dan belakang dilapisi rubber, yang mana bagus banget biar nggak gampang slip.







Specs:

  • Berat 130 gram
  • Konektifitas Bluetooth & AUX
  • Microphone untuk telepon
  • Battery 600mAh non-replacable
Lampu LED berwarna biru yang menyala saat speaker on
Saat menekan tombol on di sisi atas body, dari depan akan nyala lampu LED berwarna biru, yang akan berkedip kalau belum terhubung ke device lain via Bluetooth atau AUX. Kalau sudah terhubung lampunya akan menyala terus. Lalu jarak maksimum antar device kita dan speaker ini saat terhubung dengan bluetooth adalah 10 meter. Saat gua mencoba pairing dengan smartphone si JBL GO ini langsung connect tanpa masalah. Perihal sinyal bluetooth saat musik sedang dimainkan, cukup bagus walau terhalang benda tertentu.

Performance:
Ya, ini hanyalah speaker portable, jadi jangan berharap terlalu tinggi. Tapi untuk harga dan ukurannya yang mini, kualitas suaranya jernih abis! Semua instrumen terdengar jelas, Bass bagus, drum dan perkusi terdengar bulat, Treble nggak cempreng, Melodi terdengar halus.
Ingat ya! Halus bukan mulus. Kalo mulus bisa dipastikan itu bukan suara melodi, tapi paha melodi.



Meskipun karakter suara pasti tergantung selera si pendengar, tapi setidaknya kita punya acuan suara yang proper seperti apa. Oh iya keunggulan speaker ini juga suara vokal-nya amat sangat jelas, lebih jelas daripada pakai earphone Soundmagic ES18s yang gua jadikan daily driver saat ini. Jadi benar-benar terasa detail.
Musik yang bass nya menonjol atau EDM dihajar mulus. Dan musik-musik rock alternative zaman sekarang kayak The 1975 serta Tame Impala juga terdengar nikmat sekali. One of my favourite part adalah dengerin band-band British (Ya selera sih) yang nggak terlalu keras kayak Snow Patrol, Keane, and they sounds stunning!
Lalu gua coba play lagu-lagu  dari band Rock semacam Foo Fighters, Franz Ferdinand, Arctic Monkeys, Life In Film, detail suaranya bagus. Tapi menurut gua, kualitas musik Akustik disini terdengar paling bagus dibanding genre lain, mungkin karena nggak banyak instrumen yang harus ditangkap jadi power suaranya seimbang semua. Gua coba Adhitia Sofyan, Kings of Convenience, Banda Neira, John Mayer, suaranya mantap. Untuk musik Pop-Punk/Punk-Rock jujur gua sih lebih suka lewat earphone. Karena menurut gua, di musik yang tempo powerful banget, speaker ini akan lebih mengeluarkan suara bass ketimbang distorsi gitar. Jadi kembali ke telinga masing-masing. Tapi overall buat nemenin browsing lagu bagus di Spotify ini cukup menyenangkan. Satu lagi, ketika di set ke volume paling maksimal, nggak pecah! Nggak pecah! Wah.

*Suara yang dihasilkan via Bluetooth terdengar lebih keras daripada via AUX cable.

Verdict:
  • Durability       8
  • Look               9
  • Connectivity   9
  • Sound             8.5
  • Battery life     8
  • Value              8.5
Kalau lu berlangganan musik streaming app macam Spotify, Joox, atau bahkan sekedar dengerin musik lewat Youtube, selain perlu earphone berkualitas, rasanya juga perlu beli speaker portable berkualitas.
Di range harga yang sama/sedikit saja dibawah JBL GO ini, ada Xiaomi Square Box dengan desain yang nggak kalah keren dan bahkan bisa bertahan 10 jam pemakaian. Tapi selain menang brand, JBL GO juga unggul dari konektifitas, ada AUX mode, microphone, dan disertai kabel charger yang mana nggak ada di paket penjualan Xiaomi Square Box.
Dari karakter suara, ini bisa relatif tergantung suka warna musik seperti apa. Kalau gua sih cukup puas dengan harga dan kualitas yang diberikan. It's really good deal for your budget. JBL GO bukan pilihan yang salah buat diletakan di meja kerja, kamar, atau dibawa bepergian.

Semoga bermanfaat! :)

You Might Also Like

0 comments